Thursday, March 8, 2018

CARA AMPUH MEMBASMI KUTU KEPALA BESERTA TELURNYA




1.       Salep
Salep yang pertama yaitu salep tambonan anti kutu. Cara penggunaannya sangat mudah, Anda hanya perlu mengoleskan salep ke kulit kepala (helain rambut anda) secara merata dan tipis-tipis. Lalu diamkan dengan menggunakan shower cap atau topi mandi selama tiga puluh menit. Kemudian bilas dan keramas menggunakan shampoo hingga bersih. Lakukanlah perawatan ini selama tiga hari berturut-turut untuk hasil yang maksimal.

Salep yang kedua yaitu Aolices. Cara penggunaannya hampir sama, yaitu dengan mengoleskan dan mendiamkannya beberapa saat di kulit kepala atau tiap helaian rambut. Setelah dioles hingga rata, Anda perlu menyisir rambut dengan sisiran kutu atau yang biasa disebut serit lalu bilas hingga bersih menggunakan shampoo. Keringkan dengan handuk, lalu sisir kembali menggunakan serit.

Perlu diperhatikan bahwa salep -salep tersebut merupakan obat luar. Penggunaannya pun harus sesuai dengan petunjuk pada kemasan dan jangan gunakan sebagai perawatan berkelanjutan sebab penggunaan jangka panjang dapat merusak kulit kepala.

2.       Obat
Cara kedua untuk membasmi kutu yaitu menggunakan obat kutu rambut. Sebenarnya penggunaan obat dan salep tidak jauh berbeda. Jika saleb berbentuk krim, obat pembasmi kutu dapat berupa cairan. Adapun obat yang terbukti ampuh yaitu Reditox dan Neutralice Advance.
Reditox dapat Anda temukan dengan mudah di apotek-apotek terdekat dan ampuh untuk mengurangi bahkan membasmi kutu dan telurnya. Caranya pun terbilang praktis, Anda hanya perlu menuangkan cairan ke kulit kepala dan rambut, kemudian ratakan dengan cara memijat atau meremas-remas kulit kepala. Tutup kepala dengan shower cap selama 12 jam, lalu bilas dengan shampoo hingga bersih.
Obat yang kedua berasal dari Australia yaitu Neutralice Advance. Obat ini aman digunakan oleh siapa saja bahkan anak-anak (di atas enam bulan). Bahan-bahan yang digunakan sangat aman dan tidak mengandung pestisida sehingga tidak menyebabkan kerusakan rambut. Harganya terbilang mahal yaitu berkisar Rp 400.000 rupiah dan mungkin masih sulit dijumpai di apotek-apotek kecil. Namun, Anda dapat menemukannya secara online di e-commerce Indonesia.

3.       Shampoo
Selain menggunakan saleb dan obat, Anda dapat menggunakan shampoo. Pilihlah shampoo yang benar-benar terbukti dapat mengusir kutu secara efektif. Misalnya shampoo merang. Meskipun harganya sedikit mahal, namun khasiatnya memang sangat baik bagi rambut. Selain menghilangkan kutu dan telur, shampoo merang juga dapat menghilangkan ketombe serta membuat rambut lebih halus dan sehat.
Penggunaan shampoo untuk mengusir tuntas mungkin membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama. Maka dari itu perawatan ekstra dapat Anda lakukan untuk mempersingkat waktu, seperti misalnya dengan rutin menggunakan sisir kutu.

4.       Air Beras
Siapa sangka bahwa air beras ternyata memiliki manfaat yang bagus bagi rambut Anda, salah satunya yaitu sebagai pembasmi kutu secara alami. Caranya sangat mudah dan praktis, Anda hanya perlu merendam beras semalaman untuk mendapatkan air rendamannya. Setelah mendapatkan air rendaman beras, bersihkan terlebih dahulu rambut Anda dengan keramas lalu keringkan (tidak perlu benar-benar kering).
Setelah rambut Anda bersih, bilaslah kembali dengan rendaman air beras lalu diamkan sejenak. Bungkus rambut Anda menggunakan shower cap atau handuk agar lebih nyaman dan biarkan selama satu jam. Kemudian Anda dapat membilasnya menggunakan dengan air biasa hingga bersih. Lakukan kegiatan ini secara rutin beberapa hari sekali, sampai mereka benar-benar hilang dari kulit kepala Anda.

5.       Minyak Zaitun
Minyak zaitun juga diyakini bisa bermanfaat baik bagi tubuh, termasuk bagi kesehatan rambut dan kulit kepala. Selain dapat menyuburkan pertumbuhan rambut dan menghilangkan ketombe, minyak zaitun juga berfungsi sebagai pembasmi alami.
Caranya yaitu, Anda hanya perlu membeli minyak zaitun asli, pilihlah yang digunakan unntuk memasak, bukan produk minyak zaitun yang digunakan untuk kecantikan. Hal ini dikarenakan, minyak zaitun yang digunakan untuk memasak memiliki kandungan yang masih utuh karena tidak tercampur dengan bahan-bahan kimia.
Sebelum keramas, usapkan minyak zaitun ke seluruh kulit kepala dan rambut sampai merata. Pijat-pijat sebentar selama sepuluh menit lalu diamkan selama satu jam. Anda dapat menggunakan shower cap atau handuk untuk membungkus kulit kepala. Kemudian bilas rambut hingga bersih menggunakan shampoo. Anda juga dapat menambahkan conditioner agar rambut terasa halus.

6.       Jeruk Nipis
Jeruk nipis juga dapat menjadi alternatif lain untuk membasminya. Kandungan alaminya membantu Anda membasmi kutu beserta telurnya yang menyebabkan gatal-gatal di kulit kepala. Anda dapat menggunakannya dengan cara berikut ini.
Ambil tiga atau empat buah jeruk nipis lalu belah menjadi dua. Peras air jeruk nipis hingga habis dan tambahkan dengan minyak zaitun, minyak kelapa atau lidah buaya. Usapkan ramuan ini pada kulit kepala dan helaian rambut hingga rata. Pijat sejenak lalu diamkan selama 2 jam kemudian bilas hingga bersih.
Sebelum melakukan cara ini, bersihkan terlebih dahulu rambut Anda agar terhindar dari debu dan kotoran. Dengan begitu ramuan jeruk nipis dapat bekerja lebih efektif.

7.       Bawang Merah
Walau terbilang ampuh, menggunakan bawang merah sebagai pengusir alami dapat sedikit berbahaya. Jika kulit kepala terdapat luka maka akan menimbulkan rasa perih, maka dari itu untuk menggunakan bawang merah sebagai obat alami, pastikan bahwa kulit kepala tidak terdapat luka bekas garukan atau luka lainnya.
Caranya terbilang mudah, ambil beberapa siung bawang merah lalu bersihkan dan haluskan hingga lembut. Pijatkan pada kulit kepala dan juga rambut hingga rata, lalu diamkan selama tiga puluh menit. Bilas bersih rambut Anda menggunakan shampoo agar bau bawang tidak menempel.

8.       Belimbing Wuluh
Belimbing wuluh adalah belimbing sayur yang biasanya berasa asam. Selain digunakan sebagai bahan masakan, belimbing wuluh juga dapat dijadikan obat alami pengusir kutu. Caranya yaitu dengan menghaluskan belimbing wuluh dengan cara di blender atau diparut kemudian tambahkan dengan minyak zaitun atau minyak kelapa.
Usapakan pada kulit kepala hingga rata sembari dipijit sebentar. Diamkan sekitar satu hingga dua jam lalu bilas bersih rambut dan keringkan. Lakukan perawatan ini tiga kali seminggu sampai benar-benar menghilang.

9.       Daun Sirih
Selain bahan-bahan alami di atas, bahan alami lainnya yang dapat dijadikan obat alami yaitu daun sirih. Terdapat dua acara untuk menggunakan daun sirih sebagai pengusir alami. Pertama yaitu dengan merebus dan mengambil airnya.

Untuk menggunakan cara yang pertama pastikan rambut dalam keadaan bersih dan kering. Bilaskan rebusan air daun sirih yang sudah dingin ke seluruh permukaan kulit kepala dan rambut lalu diamkan satu hingga dua jam kemudian bilas dengan air bersih.
Cara yang kedua yaitu dengan menghaluskan daun sirih dan dicampur dengan bahan-bahan alami lainnya, seperti minyak kelapa, cuka apel maupun minyak zaitun. Kemudian tinggal diratakan sembari memijat kulit kepala. Diamkan sejenak lalu bilas hingga bersih.

10.   Daun Sirsak
Obat alami yang terakhir yaitu daun sirsak. Kandungan yang ada dalam daun sirsak dapat mematikan kutu-kutu yang ada pada rambut. Cara penggunaannya hampir sama dengan daun sirih, yaitu dapat dengan direbus dan diambil air rebusannya atau dengan cara dihaluskan dan dicampur dengan bahan alami lainnya.
Lakukan secara rutin dua atau tiga kali seminggu sampai benar-benar menghilang. Salah satu cara memastikan bahwa kutu benar-benar menghilang yaitu dengan menggunakan sisir kutu atau serit. Jika sudah tidak ada kutu yang ikut tersisir maka usaha Anda membasmi akan sukses.

11.   Garam
Kulit kepala yang terlalu berminyak bisa menyebabkan berbagai macam masalah bagi rambut seperti kotoran yang mudah menempel dikulit kepala sehingga menyebabkan kulit kepala terasa gatal serta ketombe. Selain itu kulit kepala yang berminyak menjadi tempat yang baik untuk tinggal dan berkembang biak.
Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa menggunakan garam sebagai cara alternatif yang lain. Mengapa garam ? Garam memiliki kemampuan untuk menyerap minyak yang ada dikulit kepala. Anda bisa menggunakan garam atau menggunakan garam dan bawang merah secara bersamaan untuk menghilangkannya dari rambut.
Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Garam
Siapkan garam dan air bersih secukupnya
Campurkan garam dan air bersih, kemudian aduk hingga garam larut dalam air putih.
Kemudian basahi rambut dengan air garam disertai dengan pijatan lembut pada kulit kepala selama 5 menit.
Bungkus rambut dengan menggunakan handuk kering dan biarka selama dua jam.
Setelah itu bersihkan rambut dan air kepada dengan menggunakan shampoo dan conditioner.
Untuk hasil yang lebih maksimal .lakukan secara rutin, minimal 3-4 kali dalam seminggu
Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Garam dan Bawang Merah
Bawang merah kaya akan protein, sulfur, Vitamin C, B dan A yang mampu mempertahankan kelembaban kulit, melindungi kulit kepala dari ketombe, kerontokan serta infeksi. Akan menjadi lebih efektif apabila Anda menggunakan bawang merah dan garam secara bersamaan.
Haluskan bawang merah dengan cara diparut atau dengan menggunakan belender
Letakan bawang merah yang telah dihaluskan dan garam ke dalam wadah kemudian tambahkan sedikit air agar keduanya tercampur menjadi satu.
Selanjutnya, olehkan secara merata keseluruh bagian rambut sambil melakukan pijatan halus pada kuli kepala.
Biarkan selama satu hingga dua jam. Kemudian bilas rambut dengan menggunakan air bersih.
Lakukan hal tersebut minimal tiga sampai dengan empat kali dalam seminggu sampai benar-benar menghilang.


12.   Lidah Buaya
Lidah buaya kaya akan akan asam amino, protein, mineral serta vitamin A, C, dan E. Vitamin A, C dan E yang terdapat dalam kulit kepala berfungsi untuk melindungi rambut rambut dari kerusakan sekaligus mengobati luka pada kulit kepala yang disebabkan karena infeksi kulit kepala.
Anda bisa menggunakan lidah buaya atau Anda bisa mencampurkan lidah buaya dengan garam dan bawang merah untuk hasil yang lebih efektif.
Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Lidah Buaya
Siapkan lidah buaya secukupnya, kemudian cuci hingga bersih.
Kupas bagian kulit lidah buaya untuk mengambil gelnya saja
Setelah itu haluskan gel lidah buaya dengan cara ditumbuk atau diblander hingga berbentuk menyerupai pasta.
Setelah itu, olehkan lidah buaya ke rambut secara menyeluruh dan merata diserta dengan pijatan lembut agar lidah buaya menyerap hingga ke dalam kulit kepala.
Biarkan selama satu sampai dua jam.
Setelah itu bersihkan rambut dengan menggunakan shampoo.
Untuk hasil yang lebih maksimal, disarankan untuk melakukannya 2 – 3 kali dalam seminggu hingga hilang dari rambut Anda secara menyeluruh.
Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Lidah Buaya, Garam dan Bawang Merah
Haluskan bawang merah dengan cara diparut atau dengan menggunakan blender.
Kupas kulit lidah buaya untuk mengambil gelnya.
Masukan garam, bawang merah yang telah dihaluskan serta gel lidah buaya ke dalam satu wadah.
Tambahkan sedikit air agar ketiganya tercampur menjadi satu.
Oleskan campur tersebut ke rambut hingga merata diserta dengan pijatan lembut pada kulit kepala.
Biarkan selama satu hingga dua jam kemudian bilas dengan menggunakan air bersih.
Lakukan minimal tiga sampai empat kali dalam seminggu sampai benar-benar hilang dari rambut.


13.   Minyak Kelapa
Tekstur yang licin pada minyak kelapa akan mempersulit mereka untuk bergerak dan berkembang biang. Gunakan minyak kelapa dan cuka apel secara bersamaan untuk menghilangkan mereka di rambut.
Pertama bersihkan rambut terlebih dahulu dengan membilasnya menggunakan cuka apel.
Setelah itu, aplikasikan minyak kelapa ke kulit kepala dan rambut secara merata.
Bungkus rambut dengan menggunakan shower cap dan biarkan selama enam atau delapan jam.
Kemudian sisir rambut anda secara hatai hati danmenyeluruh.
Selanjutnya bersihkan rambut dengan menggunakn shampoo.


14.   Minyak Kayu Putih
Minyak kayu putih memiliki senyawa yang bersifat sifat antibakteri, antimikroba dan antivirus. Minyak kayu putih memiliki kemampuan untuk mengatasi berbagai macam permasalahan yang terjadi pada rambut seperti  kerontokan, ketombe, merangsang folikel rambut sehingga membuat rambut menjadi terlihat lebih sehat dan tebal.
Selain itu Anda juga bisa menggunakan minyak kayu putih untuk menghilangkannya atau menggunakan campuran minyak kayu putih, garam, bawang merah dan daun sirsak untuk hasil yang lebih efektif.
Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Minyak Kayu Putih
Siapkan dua buah jeruk nipis dan enm sendok makan minyak kayu putih.
Campurkan jeruk nipis dan minyak kayu putih menjadi satu. Aduk hingga keduanya tercampur menjadi satu.
Kemudian olehkan secara merata ke rambut sambil memijat lembut kulit kepala agar semakin meresap.
Biarkan selama dua jam.
Bersihkan rambut dengan shampoo.
Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Minyak Kayu Putih, Garam, Bawang Merah dan Daun Sirsak
Haluskan bawang merah dan daun sirsak dengan cara ditumbuk atau dengan cara diblender.
Letakan bawang merah dan daun sirsak yang telah dihaluskan serta garam dan minyak kayu putih secukupnya didalam wadah yang sama. Kemudian tambahkan sedikit air.
Aduk hingga rata dan oleskan secara merata.
Oleskan campur tersebut ke rambut hingga merata diserta dengan pijatan lembut pada kulit kepala.
Biarkan selama satu hingga dua jam kemudian bilas dengan menggunakan air bersih.
Lakukan minimal tiga sampai empat kali dalam seminggu sampai benar-benar hilang dari rambut.


15.   Sabun Colek
Tahukah Anda, jika sabun colek menjadi salah satu cara yang bisa Anda pilih? Berikut adalah caranya.
Ambil sabun colek secukupnya kemudian tuangkan ke rambut sambil memijat seluruh kulit kepala hingga sabun colek menggeluarkan busa.
Lakukan hingga Anda melihat kutu rambut mati dan berjatuhan dilantai.
Selanjutnya bersihkan rambut dengan menggunakan shampoo.


16.   Alkohol
Alkohol absolut dengan kadar 70 persen memiliki kandungan senyawa isopropil. Berikut adalah cara menghilangkannya dengan menggunakan alkohol.
Siapkan air dalam sebuah wadah kemudian tuangkan beberapa tetes alkohol didalamnya.
Oleskan air yang telah dicampur alkohol ke seluruh rambut dengan menggunakan tangan dan biarkan selama 30 menit.
Selanjutnya, sisir rambut secara perlahan dengan menggunakan sisir khusus kutu maka Anda akan melihat mereka yang telah mati beserta telurnya menempel dipermukaan sisir.
Kemudian bilas rambut dengan menggunkan air dingin.
Anda hanya diperbolehkan untuk melakukannya seminggu sekali dan hindari menuangkan alkohol secara berlebihan karena bisa menyebabkan iritasi pada kulit kepala.

17.   Baby Oil
Baby Oil sering digunakan untuk mengatasi berbagai macam permasalah yang terjadi pada kulit bayi. Selain itu, ternyata baby oil juga bisa Anda gunakan. Baby oil yang diaplikasikan ke rambut akan membatasi gerak dari kutu sehingga akan membuat mereka sulit bertahan hidup dan bertelur. Berikut adalah cara menghilangkan kutu rambut dengan menggunakan baby oil.
Tuangkan baby oil secukupnya di tangan. Aplikasikan baby oil ke rambut dan kulit kepala dengan rata.
Kemudian gunakan sisir kutu untuk menyisir rambut secara perlahan untuk menghilangkan atau mengangkat kutu yang menempel di rambut.
Bersihkan rambut dengan menggunakan sabun colek atau detergent yang biasa digunakan untuk mencuci pakaian dan air hangat untuk membilasnya.
Setelah selesai dibilas, semprotkan cuka putih pada rambut secara merata kemudian bungkus rambut dengan menggunakan shower cap. Biarkan selama semalaman.
Keesokan paginya, bersihkan rambut dengan menggunakan shampoo dan conditioner.


18.   Baking Soda
Mungkin banyak yang tidak mengetahuinya, bila baking soda, perasan air lemon dan cuka apel yang digunakan secara bersamaan dapat menghilangkannya. Berikut adalah cara yang lain yaitu dengan menggunakan baking soda, perasan air lemon dan cuka apel.
Langkah pertama adalah dengan memasukan satu sendok makan baking soda dan dua cangkir air hangat ke dalam botol semprot. Kemudian kocok botol semprot hingga baking soda dan air tercampur menjadi satu.
Setelah baking soda dan air menjadi satu, aplikasikan ke seluruh bagian rambut dan kulit kepala hinga rata. Pada saat melakukannya, pastikan tidak mengenai mata karena akan terasa perih.
Bungkus rabut dengan menggunakan shower cap dan diamkan selama 15 menit.
Bilas rambut dengan menggunakan air hangat. Lalu sisir rambut dengan menggunakan sisir kutu untuk mengangkat kutu dan telurnya yang masih menempel di rambut.
Langkah kedua adalah dengan mencampurkan perasaan lemon dengan air secukupnya. Kemudian aduk hingga perasaan lemon dan air menjadi satu. Setelah itu aplikasikan ke rambut dan kulit kepala hingga rata.
Kemudian pijak kulit kepala dengan menggunakan jari tangan. Air lemon berfungsi untuk mengangkat atau menghilangkan telur yang masih tertinggal di rambut.
Bilas rambut dengan menggunakan air hangat. Lalu sisir rambut kembali. Ulangi proses ini satu kali lagi untuk memastikan tidak ada telur yang tertinggal.
Langkah ketiga. Aplikasikan cuka apel secukupnya ke rambut dan kulit kepala dengan rata. Kemudian bungkus rambus dengan menggunakan shower cap dan biarkan selama 30 – 60 menit.

19.   Bawang Merah
Didalam bawang merah terdapat protein, vitamin C, vitamin B, dan vitamin A, sulfur yang memiliki khasiat untuk mengatasi berbagai macam permasalahan pada rambut seperti menjaga kelembaban kulit kepala dari ketombe, mencegah kerontokan serta mencegah infeksi sekaligus mempercepat proses penyembuhan luka yang terdapat di kulit kepala.
Selain itu, Anda juga bisa menggunakan bawang merah untuk menghilangkannya atau untuk hasil yang lebih maksimal Anda juga bisa menggunakan bawang putih dan bawang merah secara bersamaan.
Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Bawang Merah

Kupas 5 – 10 siung bawang merah kemudia cuci bawang merah hingga bersih
Selanjutnya, masukan bawang merah yang telah dicuci ke dalam blender dan tambahkan sedikit air. Blender bawang merah hingga halus.
Kemudian oleskan bawang merah ke rambut hingga rata dan biarkan selama satu jam.
Setelah itu sisir rambut untuk menghilangkan kutu yang masih menempel pada rambut.
Kemudian bersihkan rambut denga menggunaka shampoo.
Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Bawang Merah dan Bawang Putih
Kupas 5 – 10 siung bawang merah dan 4 siung bawang putih. Kemudian bersihkan keduanya.
Masukan bawang putih dan bawang merah ke dalam blender. Tambahkan sedikit air. Blender bawang merah dan bawang putih hingga halus.
Kemudian oleskan bawang merah dan bawang putih yang telah dihaluskan ke rambut hingga rata dan biarkan selama satu jam.
Setelah itu sisir rambut.
Kemudian bersihkan rambut denga menggunaka shampoo.


20.   Cuka Putih
Cara lain yaitu dengan menggunakan cuka putih. Berikut adalah caranya.
Tuangkan cuka putih sebanyak satu cangkir ke dalam wadah bersih, kemudian tambahkan ¼ cangkir air bersih.
Aduk hingga cuka putih dan air tercampur menjadi satu.
Bersihkan rambut terlebih dahulu dengan menggunakan shampoo agar tidak ada kotoran yang menempel di rambut ataupun kulit kepala.
Kemudian keringkan rambut dengan menggunakan handuk bersih dan sisirlah rambut dengan membaginya menjadi beberapa bagian agar mudah untuk mengaplikasikan cuka putih ke rambut.
Untuk mengaplikasikan cuka putih, Anda bisa menggunakan sikat gigi bekas atau sisir berkuas agar lebih mudah dan cuka putih dapat diaplikasikan secara merata ke rambut.
Bungkus rambut dengan menggunakan shower cap dan biarkan selama 30 – 60 menit.
Sisir rambut dengan menggunakan sisir kutu.
Setelah itu, bersihkan rambut dengang menggunakan shampoo.
Lakukan ini setiap dua hari sekali secara rutin agar kutu dapat hilang secara menyeluruh.

21.   Mayonaise
Mayones terbut dari campuran minyak, sari lemon, kuning telur dan cuka, dimana bahan-bahan tersebut terbukti ampuh sekaligus mengatasi berbagai macam permasalahan pada rambut.
Olehkan mayones ke rambut dan kulit kepala secara merata sambil memijat kulit kepala dengan lembut. Tujuannya agar mayonaise dapat meresap lebih cepat.
Bungkus rambut dengan menggunakan showes cap dan biarkan selama lima sampai dengan enam jam.
Setelah itu bersihkan rambut dengan menggunakan shampoo kemudian keringkan rambut dengan menggunakan hair dryer sampai rambut benar-benar kering. Hawa panas yang dikeluarkan oleh hair dryer akan membuat hasilnya menjadi lebih maksimal.
Kemudian sisir rambut dengan tujuan untuk membersihkan kutu dan telurnya yang sudah mati dari rambut Anda.
Lakukan hal terssebut setiap satu minggu sekali untuk hasil yang lebih maksimal.

Penyebab Kutu Rambut
Banyak sekali yang menjadi pemicu/penyebab munculnya kutu ini. Nah, untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasan yang telah kami rangkum berikut ini. Dengan mengetahui penyebabnya, anda bisa menghindari hal tersebut, sehingga rambut aman dari gangguan kutu.
Tempat tinggal yang tidak bersih
Berbicara mengenai tempat tinggal, tentunya menyeluruh mulai dari area tempat tidur, baik itu kasur, sprei, bantal dan guling serta sarungnya. Selain itu juga sofa, dan bagian lain dalam rumah yang sering menempel pada rambut. Semua itu harus rutin dibersihkan, supaya tidak menjadi tempat tinggal yang nyaman buat para kutu.
Penggunaan shampoo yang tidak tepat/cocok
Pemicu lain adalah shampoo yang dipakai tidak cocok. Sebagaimana yang kita tahu, bahan kimia yang ada pada tiap shampoo berbeda–beda, dan seringkali tiap orang memiliki kecenderungan untuk cocok dengan jenis shampoo tertentu.

Melakukan kontak dengan Penderita
Tentunya ini menjadi penyebab yang sering terjadi pada mereka yang memiliki kutu. Biasanya setelah melakukan kontak langsung dengan si penderita, lama-kelamaan rambut anda akan ikut-ikutan terkena. Dan sering kali ini terjadi pada anak–anak. Dimana saat bermain, mereka tertular dengan temannya yang sebelumnya memang memiliki kutu dirambutnya.
Menggunakan barang-barang yang dipakai penderita
Penggunaan barang yang sama dengan mereka yang memiliki kutu, mulai dari sisir, helm, topi, handuk, tempat tidur, dan lainnya akan memicu anda tertular. Untuk itu, selalu biasakan membawa barang pribadi, guna meminimalisir penularan kutu.
Rambut yang jarang dibersihkan
Tentunya ini bukan rahasia lagi. Jika rambut yang kotor atau jarang di bersihkan menjadi pemicu datangnya kutu.  Jadi,  wajib hukumnya rutin keramas dengan shampoo yang tepat, agar kotoran di rambut bisa hilang.
Bahaya Kutu Rambut
Walau tidak mematikan, namun nyatanya keberadaannya ini sangat mengganggu. Selain bikin tidak percaya diri, mereka yang memilikinya akan merasa tersiksa, akibat efek gatal dan panas yang dirasakan.  Nah, terkait bahaya dari kutu tersebut, berikut penjelasan lengkapnya.
Menimbulkan Penyakit Pediculosis Kapiti
Penyakit ini merupakan penyakit gatal–gatal di kulit kepala yang disebabkan air liur kutu rambut. Dan memang inilah keluhan yang seringkali di alami oleh mereka yang memiliki kutu di rambutnya.
Timbul Eksim
Ciri–ciri dari eksim di kulit kepala adalah munculnya bengkak, berwarna kemerahan erta radang. Dan umumnya keluhan ini disertai dengan rasa gatal. Eksim ini biasanya dipicu karena kebiasaan menggaruk yang kemudian menyebabkan kulit menjadi lecet, lalu timbul penyakit ini.
Impetigo
Ini merupakan salah satu bahaya yang wajib diwaspadai. Perlu diketahui, Impetigo ini ialah penyakit infeksi di kulit manusia, yang mana penyakit tersebut dipicu oleh bakteri staphylococcus/streptococus.
Susah Tidur
Ini juga termasuk bahaya yang ditimbulkan. Faktanya, kebanyakan dari mereka yang memilikinya akan sulit tidur. Sebab , keberadaan serangga dalam rambut,  menggigiti kulit kepala kemudian menghisap darah serta menimbulkan efek gatal dan panas yang sangat terasa.

Dan tentunya selain bahaya diatas, masih banyak lagi kerugian yang kita dapat jika memilikinya. Untuk itu, segera atasi, jika ada tanda-tanda di rambut anda.

Siklus Hidup Kutu Rambut
Nah untuk anda yang ingin mengetahui siklus hidupnya, berikut kami telah rangkum informasi lengkapnya, mulai dari telur kemudian menjadi nimfa dan menjadi kutu dewasa. Langsung saja, silahkan disimak.

Telur
Biasanya  telur kutu rambut diletakkan kutu betina dewasa di area pangkal rambut, atau daerah kulit kepala. Kemudian telur tersebut akan menetas sekitar 6 hingga 9 hari kemudian. Buat anda yang belum tahu, bentuk telur ini lonjong serta memiliki perekat. Dengan adanya perekat tersebut, memungkinkan  telur tersebut terus menempel di rambut, sehingga seringkali sulit dihilangkan jika hanya dengan menyibak rambut saja.

Nimfa atau Nimpa
Nah, setelah sekitar 6-9 hari telur akan menetas dan kemudian akan lahir bibit kutu rambut atau Nimfa. Jika dilihat sepintas, nimfa ini tak ubahnya kutu dewasa, mungkin hanya ukurannya saja yang membedakan. Dan kemudian, setelah 1-2 minggu nimfa akan menjadi dewasa.

Kutu Rambut Dewasa
Nah, setelah menjadi dewasa, kutu ini berukuran sebesar biji wijen. Dan biasanya, untuk kutu rambut jantan ukurannya lebih kecil bila dibanding yang betina. Pada kutu rambut betina yang dewasa, bisa mengeluarkan sekitar 8 telur tiap harinya. Jadi bisa dibayangkan, betapa cepatnya perkembangannya. Dan untuk masa hidup nya, bila mendapatkan asupan makanan yang cukup, mereka bisa bertahan hidup hingga sekitar 1 bulanan. Namun jika tanpa makanan mereka hanya bertahan selama  2 hari saja.



Nah, diatas ulasan lengkap mengenai masalah kutu rambut. Mulai dari penyebabnya, bahayanya, siklus hidupnya, hingga beragam cara menghilangkan kutu rambut ini secara ampuh. Dengan membaca informasi diatas, tentunya tak perlu panik lagi saat mendapati kutu di rambut anda. Semoga bermanfaat info dari kami.



No comments:

Post a Comment

pengobatan lama menikah belum punya anak

doa membuka aura wajah supaya awet muda dan bercahaya

doa membuka aura wajah supaya awet muda dan bercahaya

BISNIS 2018